Home » » Lubang hitam

Lubang hitam



Lubang hitam
( Black Hole ) adalah sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum. Medan gravitasi begitu kuat sehingga 8kecepatan lepas di dekatnya mendekati kecepatan cahaya. Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, dari sini diperoleh kata "hitam". Istilah "lubang hitam" telah tersebar luas, meskipun ia tidak menunjuk ke sebuah lubang dalam arti biasa, tetapi merupakan sebuah wilayah di angkasa di mana semua tidak dapat kembali. Secara teoritis, lubang hitam dapat memliki ukuran apa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam raya yang dapat diamati.
Lubang hitam muncul dalam berbagai ukuran. Para astronom percaya bahwa "supermasif" lubang hitam, dengan massa sekitar 4 juta Suns, terletak di pusat galaksi Bima Sakti. Teleskop NRAO menawarkan prospek terbaik untuk benar-benar pencitraan seperti lubang hitam supermasif.
Supermasif Black Hole

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa galaksi dan lubang hitam utama mereka tidak tumbuh dengan mantap, tapi di beraturan. Pada awal siklus pertumbuhan, galaksi dan lubang hitam pusat masalah menumpuk. Energi yang dihasilkan oleh jet yang menyertai pertumbuhan lubang hitam supermasif pada akhirnya membawa kejatuhan dalam materi dan pertumbuhan galaksi berhenti. Kegiatan di sekitar pusat lubang hitam kemudian berhenti karena kurangnya pasokan materi, dan jet menghilang. Jutaan tahun kemudian gas panas di sekitar galaksi mendingin dan kembali jatuh ke galaksi, memulai musim baru pertumbuhan.
Supermasif lubang hitam dan galaksi aktif

Sampai saat ini, kebanyakan ilmuwan percaya bayi menciptakan lubang hitam tidak bisa dilakukan di planet kita. Anda akan membutuhkan akselerator partikel sebesar tata surya, kebanyakan ilmuwan diasumsikan. Tapi sekarang, itu semua berubah. Cukup banyak fisikawan berpikir yang jauh lebih kecil akselerator partikel dapat melakukan trik juga. Seperti 'Large Hadron Collider' (LHC), partikel pukulan keras yang akan dibuka di Switserland pada tahun 2007.

Untungnya, dibuat lubang hitam tidak akan menjadi gemuruh rakasa yang gobbles atas planet-planet dan bintang-bintang. Sebaliknya, ilmu pengetahuan mengharapkan lubang hitam, jauh lebih kecil daripada sebuah atom. Terlebih lagi, itu harus menguap segera. Lubang hitam mengeluarkan radiasi. Dan kami lubang hitam akan sangat sangat kecil dan panas, itu akan memancarkan sendiri jauh dalam waktu kurang dari 0,00000000000000000000000001 detik! Itu sebabnya ahli fisika merasa sangat yakin tentang bekerja dengan LHC. Tidak masalah jika sebuah lubang hitam muncul. Menurut hukum fisika, lubang hitam dari laboratorium saja tidak boleh stabil.
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Berita Terbaru


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...