Home » » 8 Gunung terindah di dunia

8 Gunung terindah di dunia


1.Ama Dablam (Nepal timur)


Ama Dablam adalah sebuah gunung di kisaran Himalaya di Nepal timur. Puncak utama adalah 6.812 meter (22.349 kaki), puncak barat bawah 5.563 meter (18.251 kaki). Ama Dablam berarti "kalung Ibu"; tonjolan panjang di setiap sisi seperti pelukan seorang ibu (ama) melindungi anaknya, dan gletser gantung dianggap sebagai dablam, tradisional ganda-liontin foto yang berisi para dewa, dipakai oleh wanita Sherpa.  Untuk beberapa hari, Ama Dablam mendominasi langit timur bagi siapa saja trekking ke basecamp Gunung Everest.

Ama Dablam pertama kali naik pada tanggal 13 Maret 1961 oleh Mike Gill (NZ), Barry Bishop (AS), Mike Ward (Inggris) dan Wally bahasa Gipsy (NZ) melalui Ridge Southwest. Mereka baik-acclimatised dengan ketinggian, setelah musim dingin ke arah 5800 meter dekat pangkal puncak sebagai bagian dari Silver Hut Ilmiah Ekspedisi 1960-1961, dipimpin oleh Sir Edmund Hillary.

Ama Dablam adalah puncak Himalaya ketiga yang paling populer untuk ekspedisi diizinkan. Rute yang paling populer sejauh ini adalah Ridge Barat Daya . Climbers biasanya membentuk tiga kamp di sepanjang punggungan dengan kamp 3 tepat di bawah dan di sebelah kanan dari gletser gantung, yang Dablam. Setiap es yang betis dari gletser biasanya pergi kiri, jauh dari perkemahan. Namun, longsoran 2006 terbukti sebaliknya. Izin mendaki dan seorang petugas penghubung yang diperlukan saat mencoba Ama Dablam. Seperti Mt. Everest, pendakian bulan terbaik adalah April-Mei (sebelum monsoon) dan September-Oktober



2. Shivling (Garhwal Himalaya)

Shivling adalah sebuah gunung di Grup Gangotri puncak di Garhwal Himalaya barat, dekat moncong dari Glacier Gangotri. Itu terletak di negara bagian India utara Uttarakhand, 6 kilometer (4 mil) selatan tempat suci Hindu Gaumukh (sumber Sungai Bhagirathi). Namanya mengacu pada statusnya sebagai simbol suci dari Allah - Tuhan Shiva Shiva Lingga. Ini disebut "Matterhorn Peak" oleh pengunjung Eropa awal karena kesamaan dalam penampilan dengan puncak Alpine. Meskipun tidak elevasi lokal besar, itu adalah puncak batu yang dramatis, dan puncak yang paling mencolok secara visual dilihat dari Gaumukh, bahwa dan kesulitan pendakian membuat hadiah terkenal untuk pendaki gunung.









3. Machapuchare (Nepal utara pusat)



Machapuchare atau Machhaphuchhare (माछापुछ्रे) "Ikan Ekor" dalam bahasa Inggris, adalah sebuah gunung di Himal Annapurna di Nepal utara pusat. Hal ini dihormati oleh penduduk lokal khususnya suci bagi dewa Siwa, dan karenanya terlarang untuk memanjat.

Machhapuchchhre berada di ujung punggungan panjang memacu, datang selatan keluar dari tulang punggung utama dari Himal Annapurna, yang membentuk batas timur Annapurna Sanctuary. (The Sanctuary merupakan tujuan favorit trekking, dan situs dari kamp dasar untuk Wajah Selatan Annapurna dan untuk tujuan yang lebih kecil banyak.) Puncak ini sekitar 25 km sebelah utara Pokhara, kota utama di wilayah ini.

Karena posisi selatan dalam jangkauan, dan medan yang sangat rendah yang terletak di selatan Himal Annapurna, Machapuchare perintah bantuan vertikal yang luar biasa dalam jarak horizontal cukup pendek. Hal ini, dikombinasikan dengan curam profil, menunjuk, membuat puncak sangat mencolok, meskipun ketinggian lebih rendah dari beberapa negara tetangganya. KTT ganda menyerupai ekor ikan, maka nama yang berarti "Ekor Ikan" dalam bahasa Nepal Hal ini juga dijuluki "Matterhorn di Nepal".




4. The Matterhorn (Jerman)

The Matterhorn (Jerman), Monte Cervino (Italia) atau Mont Cervin (Prancis), adalah sebuah gunung di Pegunungan Alpen Pennine di perbatasan antara Swiss dan Italia. Puncaknya adalah 4.478 meter (14.692 ft) tinggi, membuatnya menjadi salah satu puncak tertinggi di Pegunungan Alpen empat wajah curam, naik di atas gletser sekitarnya, menunjukkan empat kompas poin.. Gunung ini menghadap ke kota Zermatt di Canton Valais ke utara-timur dan Breuil-Cervinia di Lembah Aosta ke selatan. Pass Theodul, terletak di dasar timur puncak, adalah bagian terendah antara utara dan sisi selatan.

The Matterhorn adalah besar terakhir Alpine puncak untuk ditaklukkan dan pendakian pertama menandai akhir zaman Golden alpinism.  Hal itu dibuat pada tahun 1865 oleh sebuah ekspedisi yang dipimpin oleh Edward Whymper dan berakhir tragis ketika sebagian anggotanya jatuh ke mereka kematian pada keturunan. Wajah utara tidak naik sampai 1931, dan adalah antara utara tiga Besar wajah Alpen Matterhorn adalah salah satu puncak paling mematikan di Pegunungan Alpen: dari 1865 - ketika pertama kali naik - untuk tahun 1995, 500 alpinists. meninggal di atasnya.

The Matterhorn menjadi lambang ikon Pegunungan Alpen Swiss dan Alpen pada umumnya. Sejak akhir abad kesembilan belas, ketika kereta api dibangun, itu menarik pengunjung lebih banyak dan lebih dan pendaki. Setiap musim panas sejumlah besar pendaki gunung terampil mencoba untuk mendaki Matterhorn melalui punggungan utara-timur Hörnli, rute paling sering dikunjungi ke puncak.



5.Monte Fitz Roy (Patagonia)

Monte Fitz Roy adalah gunung yang terletak di dekat desa Chaltén El, di Selatan Patagonian Ice Field, di Patagonia, di perbatasan antara Argentina dan Chile. Gunung ini juga dikenal sebagai Cerro Chaltén, Cerro Fitz Roy, atau hanya Gunung Fitz Roy. Cerro adalah kata Spanyol yang berarti gunung, sementara Chaltén berasal dari kata (Aonikenk) Tehuelche berarti "gunung merokok", karena awan yang biasanya membentuk sekitar puncak gunung. Fitz Roy, bagaimanapun, adalah hanya salah satu dari sejumlah puncak Tehuelche yang disebut Chaltén.

Saat ia menjelaskan dalam bukunya, Viaje a la Patagonia Austral, Francisco Moreno pertama kali melihat gunung pada tanggal 2 Maret 1877. Karena penduduk asli juga disebut gunung lainnya Chaltén, ia menamainya Fitz Roy, untuk menghormati Robert FitzRoy, yang, sebagai kapten HMS Beagle telah melakukan perjalanan ke atas Santa Cruz Sungai pada tahun 1834 dan sebagian besar memetakan pantai Patagonian.

Ini telah disepakati oleh Argentina dan Chile yang internasional perbatasan mereka jalan memutar ke arah timur untuk melewati puncak utama,  tetapi sebagian besar perbatasan di sebelah selatan puncak, sejauh Cerro Murallón, tetap tidak terdefinisi.

Gunung ini simbol dari Propinsi Santa Cruz Argentina, yang mencakup perwakilan pada lapisan atas lengan.

Ini pertama kali naik pada tahun 1952 oleh Perancis alpinists Lionel Terray dan Guido Magnone.

Gunung ini memiliki reputasi sebagai "ultimate", meskipun tinggi rata-rata (meski puncak tertinggi di taman Glaciares Los, kurang dari setengah ukuran raksasa Himalaya), karena semata-mata wajah granit membentang panjang kini sulit teknis pendakian. Selain itu, cuaca di kawasan ini sangat buruk dan berbahaya. Hal ini juga menarik banyak terima kasih fotografer untuk membentuk dunia lain nya. Daerah ini, sementara masih cukup tidak dapat diakses, bahkan lebih terisolasi sampai perkembangan desa Chaltén El dan El Calafate bandara internasional. Pendakian gunung, bagaimanapun, tetap sangat sulit dan merupakan melestarikan pendaki yang sangat berpengalaman. Hari ini, ketika seratus orang mungkin puncak Gunung Everest dalam satu hari, Monte Fitz Roy hanya dapat berhasil naik setahun sekali.

Monte Fitz Roy adalah dasar untuk logo pakaian Patagonia berikut Yvon Chouinard pendakian ke-3 dan film berikutnya pada tahun 1968.







6. Nevado Sajama (Bolivia)


Nevado Sajama
adalah sebuah stratovolcano punah dan puncak tertinggi di Bolivia. Gunung ini terletak di Sajama National Park di kawasan barat daya negara beberapa km 16-24 (10-15 mi) dari perbatasan dengan Chile. Puncak merupakan kerucut terisolasi, tetapi geologis kompleks, dengan kubah lava andesit ditindih dan rhyodactic oleh stratovolcano andesitik. Tanggal letusan terbaru tidak pasti, meskipun Holosen aktivitas ditugaskan untuk gunung berapi oleh banyak orang. The pepohonan dari tarapacana Polylepis pada gunung berapi setinggi saluran 5200 m di atas permukaan laut, salah satu pohon ketinggian tertinggi dapat ditemukan tumbuh di mana saja di dunia.

Yusuf Prem membuat upaya pertama untuk mendaki gunung pada tahun 1927 oleh punggungan barat laut tapi dihentikan pendek di 6.200 m. Setelah mencoba beberapa lagi, Prem bersama dengan Wilfrid Kuehm mencapai puncak pada bulan Agustus 1939 oleh punggung bukit tenggara lebih sulit.

Pada bulan Agustus 2001, dua tim desa Sajama dan panduan gunung Bolivia memainkan pertandingan sepak bola di puncak Gunung Sajama dalam upaya untuk menunjukkan bahwa ketinggian itu sendiri tidak batasan untuk tekanan fisik


7. Pegunungan Rocky (Amerika Utara barat)

Pegunungan Rocky (atau Rockies) adalah pegunungan utama di Amerika Utara barat. Pegunungan Rocky meregang lebih dari 3.000 mil (4.830 km) dari bagian utara British Columbia, di Kanada bagian barat, ke New Mexico, di Amerika Serikat barat daya. Puncak kisaran tertinggi adalah Gunung Elbert terletak di Colorado pada 14.440 kaki (4.401 m) di atas permukaan laut. Meskipun bagian dari Amerika Utara Pasifik Cordillera, Rockies yang berbeda dari Pacific Coast Ranges (seperti disebut di Kanada) atau Range Coast (seperti yang dikenal di Amerika Serikat) yang terletak berbatasan langsung dengan pantai Pasifik, serta , Cascade Range dan Sierra Nevada yang terletak lebih jauh ke pedalaman dari pantai.

Rockies terbentuk 80-55 juta tahun yang lalu oleh orogeny Laramide. Sejak itu, erosi oleh air dan gletser telah dipahat pegunungan ke lembah dan puncak yang dramatis. Pada akhir zaman es terakhir, manusia mulai mendiami pegunungan. Setelah Eropa, seperti Sir Alexander MacKenzie dan ekspedisi Lewis dan Clark, mulai mengeksplorasi rentang, mineral dan bulu mengemudikan eksploitasi ekonomi awal dari pegunungan, walaupun rentang tidak pernah menjadi padat penduduknya.

Saat ini, banyak pegunungan dilindungi oleh taman umum dan lahan hutan, dan merupakan tujuan wisata populer, terutama untuk hiking, berkemah, gunung, memancing, berburu, ski, dan snowboarding.





8 Pumori (Nepal-Tibet)



Pumori (atau Pumo Ri) adalah sebuah gunung di Himalaya di perbatasan Nepal-Tibet. Pumori terletak hanya delapan kilometer barat Gunung Everest. Pumori, yang berarti "belum menikah Putri" dalam bahasa Sherpa, dinamai oleh George Mallory. Pendaki kadang-kadang lihat Pumori sebagai "Everest's Daughter".

Pumori adalah mendaki puncak populer dan rute termudah dinilai kelas 3, meskipun dengan bahaya longsor. Pumori pertama kali naik pada tahun 1962 oleh Gerhard Lenser dari expedition.Two Jerman-Swiss Ceko (Leopold Sulovsky dan Michalec Zeduak) memanjat rute baru di muka Selatan pada musim semi tahun 1996 (Joe Simpson, 1997, Dark Shadows jatuh).

Sebuah outlier dari Pumori adalah Kala Patthar (5643 m/18, 513 '), yang muncul sebagai benjolan besar berwarna cokelat di bawah wajah selatan Pumori mengesankan. Banyak trekker akan melihat Mt. Everest dekat akan mencoba untuk mendaki ke puncak Kala Patthar. Pandangan dari hampir mana saja di Kala Patthar dari Everest, Lhotse dan Nuptse cukup mengesankan pada hari yang cerah

1 comments:

Berita Terbaru


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...