Home » , » Pentingnya Air Dalam Kehidupan

Pentingnya Air Dalam Kehidupan

Air adalah jiwa kehidupan tanpa air kehidupan akan mati. Banyak sekali fungsi dan pentingnya air. Ini ada beberapa fungsi penting air dalam berbagai masalah kehidupan.

1. Dehidrasi tuh bukan hanya bisa buat kita nggak fokus tapi juga bisa menyebabkan gangguan fungsi kognisi, dan menurunkan performa fisik. Nah ini bahaya banget kalau pas lagi nyetir kendaraan, apalagi kalau malam hari, bisa kecelakaan . Fungsi kognisi sendiri berhubungan dengan kemampuan intelektual. Jadi kalo fungsi kognisi kita terganggu itu bisa bikin konsentrasi dan kewaspadaan kita berkurang.

2. Kata Dr Saptawati Badorsono, ada 2 jenis dehidrasi, namanya dehidrasi ringan sama dehidrasi berat. Tanda-tanda dehidrasi ringan antara lain haus , ngantuk , capek , pipis yang keluar sedikit, sakit kepala , pusing, dan silau. Sedangkan dehidrasi berat tanda-tandanya antara lain kebingungan, mata cekung, menggigil, kulit kering, dan yang terparah kesadaran kita jadi menurun . Biar nggak dehidrasi? Simpel, banyak-banyak minum air.

3. Lawrence Amstrong, PhD, pakar nutrisi dari Amrik bilang gini: “Kalau pria kekurangan cairan hingga 1,5% akibatnya mood kita akan menurun dan gangguan di tingkat kognitif.” Fungsi kognisi sendiri berhubungan dengan kemampuan intelektual kita. Jadi kalo fungsi kognisi kita terganggu itu bisa bikin konsentrasi dan kewaspadaan kita berkurang. Berarti kalau mood kita lagi nggak bagus , langsung aja minum yang banyak, hati jadi adem lagi deh .

4. Kalo kita sakit kepala itu jangan langsung minum obat. Coba minum air putih dulu, terus tunggu 20 menit. Kalau sakit kepalanya belum ilang, baru deh kita minum obat .

5. Wanita tuh lebih gampang dehidrasi dibanding laki-laki.

6. Dehidrasi bisa sangat berbahaya, apa lagi kekurangan 20% dari berat badan! Alamat koma ato malah meninggal dunia

7. Ada orang-orang yang ternyata kena dehidrasi ringan kronik, tapi nggak merasa punya masalah dehidrasi cuman karena gak suka rasa air, kebanyakan minum alcohol dan kafein .

8. Susah boker/BAB/pup ? Air tuh fungsinya pelembab buat mulut, mata, idung dan banyaaaak lagi, termasuk MENCEGAH KONSTIPASI.

9. Daya tahan tubuh manusia tanpa air tuh ternyata cuma tiga hari, lebih dari itu bisa fatal .

10. Buat wanita, dehidrasi bisa mengakibatkan batu ginjal. Dan ternyata kemungkinan untuk dapetnya lebih tinggi dari pria soalnya sistem kemih wanita lebih pendek dibanding pria

Jadi jangan rusak mata air, dan tebangi hutan sehingga air bisa terus ada .

3 comments:

  1. Yap, air memang sangat penting :)

    BalasHapus
  2. sip,,,
    tuker link yuk gan ^^ ane psang dluan yah,,, slhkan di cek link anda udh ane psang di blog roll di bwah iklan ads. ntar psang jg yh link aq !

    BalasHapus
  3. nma link agan si-dudut.blogspot.com, slhkan di cek. ingat jgn lupa psang link aq ^^

    BalasHapus

Berita Terbaru


 photo hot_zpsc789f524.jpg
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...