Home » » Ahli Astronomi Temukan Lubang Hitam baru

Ahli Astronomi Temukan Lubang Hitam baru

Pengamatan yang dilakukan melalui sinar infra mengatakan supernova yang dijuluki SN 1979C merupakan lubang hitam yang sedang terbentuk, ujar sebuah regu ahli astronomi yang berasal dari Amerika Serikat dan Eropa.
"Jika perkiraan kami benar, itu merupakan contoh terdekat bagi pengamatan penciptaan sebuah lubang hitam," ujar seorang ahli Astrofisika dari Harvard-Smithsonian Center di Massachusetts, Daniel Patnaude, yang memimpin penelitian itu.
Seorang ahli astronomi amatir dari Maryland, Gus Johnson, menemukan supernova pada 1979 di tepi sebuah galaksi yang bernama M100, kemudian para ahli astronomi lain meneliti hal tersebut setelah penemuannya. Cahaya dan sinar infra dari pecahan telah memakan waktu selama 50 juta tahun untuk menuju ke bumi dengan kecepatan cahaya sebesar 300.000 kilometer per-detik atau sekitar 10 triliun kilometer per-tahunnya.
Pusat Pengamatan Sinar Infra Chandra milik NASA, Badan Antariksa Eropa XMM-Newton, dan Pusat Pengamatan Rosat milik Jerman telah menyaksikan bahwa itu memancarkan sumber sinar infra stabil yang terang.
Analisis sinar infra mendukung ide bahwa benda yang diamati merupakan lubang hitam dan itu juga akan menarik masuk benda yang jatuh dari sebuah supernova atau mungkin dari bintang kembar, ujar para ahli astronomi.
Para ilmuwan percaya bahwa lubang hitam dapat tercipta melalui beberapa cara yang dalam hal ini karena sebuah bintang yang berukuran sekitar 20 kali massa dari Matahari yang akan menjadi supernova dan kemudian meledak menjadi beberapa benda yang padat yang menghisap benda-benda di sekitarnya kedalam inti lubang hitam itu.

antara.com

14 comments:

  1. wah... lubang hitam .... apakah akan bisa menembus waktu ???

    BalasHapus
  2. Waduh, besar banget lubangnya. Bahaya gak itu.

    BalasHapus
  3. wow.... kapan yah bisa ke sana ?

    BalasHapus
  4. salam sahabat
    ehm sungguh penemuan yang luar biasa saya juga baru tahu tadi di televisi china menyiarkan lbang hitam tersebut.good luck yach

    BalasHapus
  5. wow kira2 lubang itu apa ya...wah wah sekarang kok banyak banget Penemuan yang Aneh2 Apakah Dunia Ingin berakhir ?

    BalasHapus
  6. info yang menarik dan bermanfaat sob menjadi bertambah ilmu pengetahuan...sukses selalu sob

    BalasHapus
  7. Sungguh tuhan itu mahan agung dan maha perkasa.
    Semoga saja kita dan bumi kita bisa terhindar dari kekuatan yag ditimbulkan oleh lubang hitam tersebut.

    Salam,
    Berita dan Tutorial Online Anda

    BalasHapus
  8. Black hole... bisa nyedot apa aja kayaknya....

    BalasHapus
  9. bahaya tuh kalau sampai masuk lubang hitamnya......

    BalasHapus
  10. kayak nya itu lubang hitam yg ada di luar angkasa bisa masuk kesitu gak bakalan bisa keluar lagi
    so tau gue kan hehehe..tu kuliat ada di film

    BalasHapus
  11. hmm...
    black holee..
    ane masih bingung.
    ada yang bilang kalo kita masuk ke lubang hitam itu kita gak akan balik lagi..
    benar kah..??

    BalasHapus
  12. Wah kalau meledak dekat bumi, kita ngak bisa chating lagi dong wkwkwk

    BalasHapus
  13. Sodotannya pasti dahsyyaaat tuh.. ~_~!

    BalasHapus

Berita Terbaru


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...