Home » » 10 Gurun Terindah Di Dunia

10 Gurun Terindah Di Dunia

Dunia memang memberikan keindahan yang mengangumkan. Sekarang kita bisa lihat Gurun yang gersang namun indah, itu membuat kita berfikir siapa yang menciptakan itu. ya tentu saja Tuhan Yang Maha Esa. Dengan menciptakan Gurun yang gersang tetapi tetap terasa keindahannya

1. Salar de Uyuni ( Bolivia )


Salar de Uyuni atau Salar de Tunupa merupakan tapak garam terluas di dunia. Salar de Uyuni terletak di Departemen Potosi dan Oruro, Bolivia bagian tenggara, dekat puncak Andes, pada ketinggian 3650 m.

Sekitar 40.000 tahun yang lalu, danau ini merupakan bagian dari Danau Michin, danau besar di masa prasejarah. Ketika mengering, terdapat 2 danau yang tersisa, yakni Danau Poopó dan Uru Uru, serta 2 gurun garam terbesar, Salar de Coipasa dan Salar de Uyuni.

Diperkirakan, Salar de Uyuni mengandung 10 milyar ton garam, dan kurang dari sekitar 25.000 ton garam diperoleh tiap tahun. Setiap bulan November, Salar de Uyuni menjadi daerah hunian bagi 3 spesies burung flamingo di Amerika Selatan: burung flamingo chili, andes, dan James. Salar de Uyuni adalah daerah tujuan wisata terkenal.






2. Simpson Desert ( Australia )


Gurun Simpson underlain oleh Great Artesian Basin, salah satu daerah pedalaman drainase terbesar di dunia. Air dari kolam naik ke permukaan pada berbagai mata air alam, termasuk Dalhousie Springs, dan di sepanjang rute membosankan dibor saham, atau selama eksplorasi minyak bumi. Sebagai hasil dari eksploitasi oleh bor tersebut, aliran air untuk mata air telah terus menurun dalam beberapa tahun terakhir.












3. Taklamakan (China)

Taklamakan adalah salah satu gurun pasir terbesar di dunia, peringkat 18 dalam ukuran di peringkat padang pasir terbesar di dunia non-polar. Ini mencakup area seluas 270.000 km2 (100.000 mil persegi) dari Cekungan Tarim, 1.000 kilometer (620 mil) dan 400 kilometer (250 mil) lebar. Hal ini menyilang di bagian utara dan di pinggir selatan dengan dua cabang Jalan Sutra sebagai pelancong berusaha menghindari gurun gersang. Dalam beberapa tahun terakhir, Republik Rakyat China telah membangun jalan raya lintas padang pasir yang menghubungkan kota-kota Hotan (di pinggir selatan) dan Luntai (di tepi utara). Dalam beberapa tahun terakhir, padang pasir telah berkembang di beberapa daerah, pasir yang membungkus peternakan dan desa-desa sebagai akibat dari penggurunan.

Ada kemungkinan bahwa padang gurun adalah kawah dampak. Ini memiliki kemiripan yang mencolok untuk sebuah kawah sangat besar di Mars yang bernama Hellas Basin.



4. Namib ( Angola )


 

Gurun Namib adalah gurun di Namibia dan Angola barat daya yang merupakan bagian dari Namib-Naukluft Taman Nasional, cadangan permainan terbesar di Afrika. Nama "Namib" adalah asal Nama dan berarti "tempat besar". Setelah mengalami kondisi kering atau semi-gersang setidaknya 55 juta tahun, hal ini dianggap sebagai gurun tertua di dunia.














5. The Lençóis Maranhenses ( Brazil )


The Lençóis Maranhenses Taman Nasional (Parque Nacional dos Lençóis Maranhenses) terletak di negara bagian Maranhão, di Brazil timur laut, hanya timur Baia de São José, antara 02 º 19'-02 º 'S dan 42 º 44'-43 º 29' 45 W. Ini adalah suatu area rendah, datar, kadang-kadang membanjiri tanah, dilapis dengan besar, bukit pasir diskrit. Ini meliputi sekitar 1.000 kilometer persegi, dan meskipun hujan berlimpah, mendukung hampir tidak ada vegetasi. Taman itu dibuat pada tanggal 2 Juni 1981. Ini adalah fitur dalam film Brasil Rumah Pasir. Baru-baru ini, itu adalah fitur dalam lagu "Kadhal Anukkal" dari film India, Enthiran.




6. The Oasis Farafra ( Mesir )

The Oasis Farafra (bahasa Arab: الفرافرة) adalah oase terkecil yang terletak di Barat Mesir, dekat lintang 27,06 ° Lintang Utara dan 27,97 Bujur ° BT. Hal ini terletak di Gurun Barat Mesir, sekitar pertengahan arah antara Dakhla dan Bahariya.

Farafra memiliki 5.000 penduduk diperkirakan (2002) yang tinggal di desa tunggal dan sebagian besar dihuni oleh suku Badui lokal. Bagian dari desa telah perempat lengkap arsitektur tradisional, sederhana, halus, lugu, semua dalam warna lumpur. Kebanggaan Daerah juga dijamin upaya untuk mengamankan budaya lokal. Juga terletak dekat Farafra adalah air panas di Bir Setta dan danau El-Mufid.






7. The Black Rock ( Nevada )


Gurun Pasir The Black Rock merupakan daerah kering di bagian utara Nevada Great Basin dengan lakebed yang merupakan sisa kering Pleistosen Danau Lahontan. Daerah ini terkenal karena fitur paleogeologic, sebagai wilayah Trails Emigrant abad ke-19 ke California, dan sebagai tempat untuk catatan kecepatan peroketan dan tanah (Mach 1,02 pada tahun 1997). Itu juga merupakan lokasi Burning Man diadakan di setiap tahun.












8. Atacama ( Amerika Selatan )


Gurun Atacama adalah dataran tinggi hampir tanpa hujan di Amerika Selatan, meliputi strip (1.000 km) 600-mil tanah di pantai Pasifik Amerika Selatan, sebelah barat pegunungan Andes. Gurun Atacama, menurut NASA, National Geographic dan publikasi lainnya, gurun terkering di dunia,  karena bayangan hujan di sisi bawah angin dari Range Pantai Chili, serta lapisan inversi pantai yang diciptakan oleh Humboldt kini dingin lepas pantai.  Atacama menempati 40.600 mil persegi (105.000 km2)  di Chile utara, sebagian besar terdiri dari cekungan garam (salares), pasir, dan aliran lava felsic terhadap Andes .








9. Antartika


Antartika  adalah benua bumi selatan, Kutub Selatan. Hal ini terletak di wilayah Antartika dari belahan bumi selatan, hampir seluruhnya selatan Lingkaran Antartika, dan dikelilingi oleh Samudra Selatan. Pada 14,0 juta km2 (5,4 juta mil ²), itu adalah benua terbesar kelima di daerah setelah Asia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Sekitar 98% dari Antartika ditutupi oleh es, yang rata-rata minimal 1,6 kilometer (1.0 mil) di ketebalan.













10. Sahara ( Afrika )

Gurun Sahara adalah nama sebuah padang pasir terbesar di dunia. Nama "Sahara" diambil dari bahasa Arab yang berarti "padang pasir". Bahasa Arab pada gilirannya mengambil dari bahasa Sumeria.

Sahara terletak di utara Afrika dan berusia 2,5 juta tahun. Padang pasir ini membentang dari Samudra Atlantik ke Laut Merah. Dari Laut Tengah di utara sampai ke Sahel di sebelah selatan. Dari Mauritania di sebelah barat ke Mesir di sebelah timur. Padang pasir ini membagi benua Afrika menjadi Afrika Utara dan Afrika "yang sejatinya". Kedua bagian benua ini sangat berbeda, baik secara iklim maupun budaya. Luas padang pasir ini sekitar 9.000.000 km2



4 comments:

  1. Mantab... Indah nian Bumi ku..... Ijin minta picturenya ya :) ....

    BalasHapus
  2. Sayang di Indonesia tidak mempunyai Gurun

    BalasHapus

Berita Terbaru


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...